Kedua Pasang Calon Tak Kuasai Statuta

Kedua pasang calon bertukar atribut dalam kampanye di Fakultas Hukum Undip, Rabu (2/12). (Fajrin/Manunggal)

Kedua pasang calon bertukar atribut dalam kampanye di Fakultas Hukum Undip, Rabu (2/12). (Fajrin/Manunggal)

ManunggalCybernews—Kampanye oleh calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip 2016 dalam Pemilihan Umum Raya 2015 dilanjutkan dengan menyambangi Fakultas Hukum, Rabu (2/12). Kampanye kali ini mengungkap bahwa kedua pasang calon kurang memahami konten statuta Undip.

Statuta Undip adalah peraturan dasar pengelolaan Undip yang digunakan sebagai landasan penyusunan peraturan dan prosedur operasional di Undip. Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 52 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Diponegoro.

Terkait hal tersebut, pasangan calon nomor urut satu Muhammad Hafiz Darus dan Eko Siswanto mengaku belum pernah membaca statuta karena lebih mendahulukan pengawalan rapat pimpinan (rapim). “Jujur, kami tidak ingin menutup-nutupi di sini. Kami ingin belajar. Namun, di sini saya menekankan salah satu tugas dari kami, sebagai calon Ketua dan Wakil Ketua BEM adalah untuk mencapai visi dan misi Undip sebagai universitas riset di tahun 2025 kelak,” kata Hafiz.

Senada dengan pasangan nomor satu, pasangan nomor urut dua Fawaz Syaifullah dan Luthfi Rahman mengatakan bahwa mereka lebih fokus kepada Surat Keputusan Rektor dalam rapim. “Untuk itu, kita juga sama dengan pasangan nomor urut satu, harus belajar lebih jauh dan mendalami tentang statuta. Kedepannya, dalam peran kita sebagai BEM Undip di mana dalam hal ini salah satunya tertuang dalam statuta, yaitu harus mengembangkan softskill oleh para mahasiswa Undip, sebagai hak mereka untuk berkumpul dan berorganisasi,” kata Fawaz.

Panelis menilai penting bagi para calon mengetahui Satuan Organisasi dan Tata Laksana, salah satunya adalah untuk mengetahui ranah peraturan di Undip. Lebih lanjut, panelis berharap penerapan program kerja dan visi misi kedua pasang calon dapat bersinergi dengan statuta Undip.

Kampanye oleh calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Undip akan dilanjutkan di Pusat Kegiatan Mahasiswa Fakultas Teknik Undip, Kamis (3/12). (Fajrin/Manunggal)