Kebun Benih Bunga Matahari, Hasil Praktikum Mahasiswa Pertanian yang Instragamable

(Dok. Istimewa)

Terlihat pemandangan baru di kebun percobaan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip. Ratusan bunga matahari menghiasi kebun dan memberikan pemandangan yang indah dan permai. Kehadiran pemandangan ini bermula dari kegiatan sejumlah mahasiswa program studi Agroekoteknologi yang melakukan kegiatan Praktikum Produksi dan Penyimpanan Benih yang diampu oleh Prof. Syaiful Anwar, Florentina Kusmiyati, dan Bagus Herwibawa. Penanaman bunga matahari ini bertujuan agar nantinya dapat memproduksi benih bunga matahari sendiri.

Arif, Wahyu, dan Astri selaku asisten praktikum mengarahkan dan mendampingi mahasiswa dalam proses penanaman dan perawatan yang cukup panjang, hingga akhirnya pada pertengahan bulan Oktober ini bunga-bunga matahari mulai bermekaran dan menjadikan kebun ini menjadi salah satu tempat berfoto baru di kawasan kampus Undip yang instagramable. Dalam proses perawatannya, para mahasiswa secara bergantian melakukan penyiraman, pemupukan, hingga pengelolaan organisme pengganggu tanaman untuk menjaga agar tanaman bunga matahari dapat tumbuh dengan baik.

Kehadiran kebun bunga matahari ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa untuk berfoto dan mengunggahnya di media sosial. Tak hanya mahasiswa dari FPP, mahasiswa dari berbagai fakultas juga ikut meramaikan kebun bunga ini untuk berfoto ria dan menikmati pemandangan yang ada. Dalam sebuah kesempatan, ada pula kunjungan dari siswa-siswi TK Buah Hati yang mana lokasi sekolah mereka dekat dengan kampus Undip, untuk mengunjungi kebun ini dalam rangka program “Dolan Kandang” yang bertujuan memperkenalkan dunia pertanian kepada anak-anak.

Arif Rohman Hakim, koordinator kegiatan Praktikum Produksi dan Penyimpanan Benih, mengungkapkan bahwa penanaman bunga matahari ini merupakan penanaman tahun pertama, karena pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan berfokus pada produksi benih tanaman pangan. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan warna baru dalam mengenalkan dunia pertanian kepada khalayak tanpa mengurangi esensi dari kegiatan praktikum itu sendiri.

Arif Rohman Hakim

Mahasiswa Jurusan Agroekoteknologi

Fakultas Peternakan dan Pertanian