Kawal Sengketa PT Semen Indonesia, FIB Gelar Bedah Film

Bedah Film

Mahasiswa membubuhkan tanda tangan sebagai wujud solidaritas untuk warga Rembang.  (Dok. Istimewa)

ManunggalCybernews—BEM FIB Undip Bidang Sosial Politik menyelenggarakan Diskusi dan Bedah Film Samin VS Semen pada Kamis (2/4) di Gedung B FIB untuk mengawal putusan PTUN Jawa Tengah mengenai sengketa agraria warga Rembang dengan PT Semen Indonesia.

Menurut penasihat hukum Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang, Zaenal Arifin, pembangunan pabrik PT Semen Indonesia tidak memiliki kelayakan karena berpotensi merusak sumber daya alam serta lingkungan. Selain itu, Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya alam lain yang belum tergali, sehingga pembangunan PT Semen Indonesia bukanlah jawaban dari permasalahan ini.

Ketua panitia acara, Nugroho Mulat Jati mengatakan, mahasiswa dituntut aktif dan tidak apatis terhadap realita sosial yang ada. Diharapkan kegiatan ini bisa menumbuhkan kepekaan serta kesadaran para mahasiswa terhadap isu-isu sosial dan mampu mengkaji masalah-masalah sosial tersebut.

“Setelah mengikuti acara diskusi dan bedah film tadi, mata saya seperti terbuka, ternyata ada orang-orang di luar sana yang berjuang mati-matian demi mempertahankan kelangsungan hidup anak cucunya kelak,” ungkap Dian Retno Aryani, mahasiswi Sastra Indonesia Undip. (Mei/Manunggal)