Kampanyekan “Terbang Itu Aman”, Lion Air Ajak Masyarakat Gunakan Pesawat Kembali

Kampanye “Terbang Itu Aman” oleh Lion Air Group dan PT. Angkasa Pura I di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang (Foto: Dyah Satiti/LPM Manunggal)

Semarangan— Di tengah menurunnya pengguna transportasi udara akibat Pandemi yang berkelanjutan, Lion Air Group bersama PT. Angkasa Pura I mengadakan Talkshow Save Travel Campaign bertajuk “Terbang Itu Aman” di Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat (11/9). Acara yang mengampanyekan amannya menggunakan transportasi udara itu, turut dihadiri Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah, Dinas Perhubungan Jawa Tengah, dan Mitra Penerbangan, serta Komunitas.

“Adanya kampanye Terbang Itu Aman ini diharapkan dapat semakin memperlihatkan masyarakat baik wisatawan maupun pebisnis untuk menggunakan mode transportasi udara.” Jelas Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air Group.

Penggunaan transpotasi udara dikatakan aman karena sudah menerapkan protokol untuk mencegah penularan coronavirus disease. “Air Kru selalu melakukan rapad test rutin dan apabila yang tidak fit tidak dapat terbang. Kami juga selalu di briefing untuk cek kesehatannya oleh suster lalu diberikan vitamin C untuk menjaga stamina tubuh,” ujar kapten Edward Limbong salah satu pilot andalan Lion Air Group.

Sistem HEPA Filter

Setiap maskapainya saat ini telah dilengkapi dengan sistem sirkulasi HEPA. Alat ini membantu dalam penyaringan udara di dalam pesawat terbang. Dengan ondisi sirkulasi udara yang baik maka udara di dalam pesawat dapat bersih dari berbagai kotoran maupun virus. Adanya alat ini, penumpang dalam pesawat akan tetap menghirup udara yang bersih termasuk bebas dari ancaman Covid-19.

“Perputaran sirkulasi udara dalam pesawat yang dilengkapi HEPA berlangsung cepat. Dengan demikian sirkulasi udara yang segar di kabin diperbarui 20 hingga 30 kali dalam satu jam atau setiap dua hingga tiga menit, sehingga penumpang akan merasa aman, nyaman dan percaya diri untuk bepergian menggunakan pesawat udara,” ungkap Danang, dikutip dari press release Lion Air berjudul “Memastikan Kualitas Udara dan Kebersihan Kabin Terjaga Baik Seluruh Pesawat Udara Lion Air Dilengkapi HEPA Filter”.

Di dalam bandara sendiri, juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang protokol kesehatan. Seperti arena mencuci tangan di banyak tempat, handsanitizer, penggunaan masker untuk setiap petugas di bandara, dan kebersihan bandara yang selalu dijaga. PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani telah berupaya melakukan protokol kesehatan dengan baik di dalam pesawat maupun luar pesawat.

“Saya berdiskusi dengan Kepala Dishub Jawa Tengah, Pak Satrio, jika protokol kesehatan yang diterapkan paling baik satu diantaranya yakni di Bidang Transportasi, terutama transportasi udara. Dan protokol kesehatan di Bandara Ahmad Yani sudah maksimal dilakukan untuk memberikan rasa nyaman dan aman,” ujar Hardi Ariyanto General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang.

Reporter: Dyah Satiti, Nabila Lathifah, Faqih Himawan

Penulis: Nabila Lathifah

Editor: Alfiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *