Kampanyekan Aksi Bersih Sampah, KOPHI Gandeng Komunitas

PhotoGrid_1456292913854 (1)

Penandatanganan Deklarasi Peduli Sampah Nasional 2016 dalam kegiatan Campaign dan Bersih Sampah di area car free day, Minggu (21/2). (Intan/Manunggal)

ManunggalCybernews–Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) Semarang menggandeng komunitas dan organisasi kampus untuk berkontribusi di Campaign dan Bersih Sampah pada Minggu (21/2) di area car free day (CFD) Simpanglima Semarang.

KOPHI mengajak lebih dari 15 komunitas dan organisasi, seperti Peduli Sosial (Pesos) Undip, Assosiation Internationale des Etudiantsen Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC), Mahasiswa Pecinta Alam (Wapeala) Undip, Inspirator Indonesia, World Merit Indonesia (WMI), dan lain-lain. Setiap organisasi dan komunitas yang tergabung dalam acara ini berorasi di enam titik lokasi CFD. Salah satu orasi yang disampaikan adalah mengenai cara yang tepat dalam pengelolahan sampah.

Adapun, rute kampenye dimulai dari depan gedung Dinas Tenaga Kerja, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan membersihkan sampah.

“Kita juga melakukan deklarasi Semarang Kota Bebas Sampah 2020,” ungkap Irfan, Dewan Pembina Nasional KOPHI. Lebih lanjut, Irfan mengimbau masyarakat untuk memperhatikan sampah dari makanan yang dibawa.

“Ke depannya kami akan terus mengedukasi, menjadi fasilitator, dan menciptakan gerakan hijau nasional. Setiap ada proyek KOPHI akan merekrut volunteer,” kata Irfan. (Intan/Manunggal)