Kamera SLR ajak Remaja Jalanan Melayani Masyarakat

Mendengar Kamera SLR, tentu persepsi orang akan mengarah pada salah satu jenis kamera yang sering digunakan oleh fotografer atau masyarakat umum untuk mengabadikan momen istimewa. Namun tidak untuk Kamera SLR jenis ini. Kamera SLR ini adalah kependekan dari Kegiatan Memberdayakan Remaja melalui Program Service Learning.

Melalui Kamera SLR ini, tim yang beranggotakan empat mahasiswa Undip ingin memberikan pelatihan service learning kepada para remaja, khususnya mereka yang ada di jalanan. Remaja jalanan ini, nantinya akan dilatih untuk mampu melayani dan berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

Berawal dari label negatif yang kerap kali diberikan kepada remaja jalanan, tim pun mulai menggarap proyek ini sejak awal Maret 2015. Harapannya, setelah kegiatan ini dilangsungkan, remaja jalanan mampu memberikan partisipasi positif dan pelayanan kepada masyarakat.

Terdapat dua tema dalam kegiatan ini,yakni pendidikan dan kesehatan. Pada tema pendidikan, remaja jalanan diajarkan untuk menjadi tutor bagi teman sebaya dan masyarakat. Sementara untuk tema kesehatan, remaja jalanan diajarkan tentang pola hidup sehat, kebersihan lingkungan, serta pembuatan obat sederhana yang terbuat dari tanaman. Setelah materi diberikan, remaja jalanan mampraktikannya dengan teman sebaya, sekaligus melatih diri untuk terjun ke masyarakat.

Puncak kegiatan pelatihan service learning ini adalah kerja bakti membersihkan lingkungan bersama antara remaja jalanan dengan masyarakat serta seminar tentang kesehatan yang  materinya akan disampaikan oleh  remaja jalanan itu sendiri. Tak lupa, kegiatan ini menggandeng Yayasan Setara dan Pelangi Semarang sebagai mitra dalam pelaksanaannya.

Tak berhenti di situ,kegiatan ini tetap berlanjut dengan struktur organisasi yang dipegang oleh remaja jalanan itu sendiri. Hal ini juga menjadi bukti kemandirian remaja jalanan dalam pelaksanaan program ke depan.

 

Suasana kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

Suasana kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar

 

Pemberian materi service learning kepada remaja jalanan

Pemberian materi service learning kepada remaja jalanan


 

Oleh:

Erdihah P. Pinilih

Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

didha

 

 

 

 


 

Kanal Citizen Journalism ini merupakan media mahasiswa. Setiap berita/opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis.