Jadi Tuan Rumah, Undip Juarai Kompetisi Robot

Salah satu aksi robot di kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dalam KRI 2016 Regional III, Sabtu (23/4), di Auditorium Imam Bardjo Undip Pleburan, Semarang. (Nina/Manunggal)

Salah satu aksi robot di kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dalam KRI 2016 Regional III, Sabtu (23/4), di Auditorium Imam Bardjo Undip Pleburan, Semarang. (Nina/Manunggal)

ManunggalCybernews—Undip meraih juara dalam Kompetisi Robot Indonesia (KRI) Regional III yang diselenggarakan di Auditorium Imam Bardjo (21-23/4). Dari lima tim Undip yang berpartisipasi dalam KRI, Robot Andromeda meraih peringkat I dalam kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) berkaki.

KRI diikuti oleh 30 Perguruan Tinggi dan total 90 tim yang berasal dari Jateng, DIY, dan Kalimantan. KRI terdiri dari lima kategori yaitu KRPAI berkaki, KRPAI beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), Kontes Robot Seni Tari (KRSTI), dan Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). Tema KRI tahun ini ditentukan oleh Asia-Pasific Broadcasting Union Robot Competition (ABU Robocop) melalui konsorsium komisi se-Asia-Pasifik.

Budi Setiyono, Seksi Pertandingan KRAI dan KRPAI, menambahkan penjelasan mengenai masing-masing kategori. “KRAI memiliki tema energi terbaharukan dengan mensimulasikan metode pembangkit energi dari angin. KRPAI bertujuan memadamkan api dalam simulasi rumah dan menyelamatkan orang yang diwakili sebagai boneka. Sementara KRSTI menirukan tari topeng betawi dengan irama lagu,” ujarnya.

Usai KRI Regional, para pemenang KRI dari regional I, II, dan III akan mengikuti lomba di tingkat nasional yang diselenggarakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada tanggal 1-4 Juni 2016. Namun, robot masih akan dikembangkan oleh masing-masing tim. Melalui pusat pengembangan robotik Undip, robot yang memiliki potensi akan dikembangkan secara komersil.

“Karena Undip menjadi tuan rumah, maka tiap tim bisa jadi akan mendapat undangan kompetisi nasional yang merupakan lomba antar regional. Kami akan melakukan pengembangan untuk robotnya,” ujar Ghiffar Yanuar, Ketua Tim KRAI. (Clara/Manunggal)