In Corporation, Platform Bisnis Jasa Online Berbasis Android dan Website

(Dok. Pribadi)

Beragamnya kebutuhan mahasiswa selalu menjadi pusat buruan para pengusaha dalam menciptakan peluang usaha. Mahasiswa menjadi salah satu pasar terbaik untuk menciptakan usaha dengan sustainable income. Berdasarkan survei kami, jasa yang paling dibutuhkan mahasiswa yaitu jasa rental, desain, dan cetak untuk penyelenggaraan event mahasiswa. Selain itu juga jasa instal OS laptop. Namun, sebagian besar mahasiswa cenderung memilih trensocial awareness yang konsumtif dan lebih aktif dalam mencari kebutuhan.

Sementara tren dunia digital di Indonesia semakin meningkat. Berdasarkan data Global Web Index tahun 2015, jumlah pengguna internet di Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi kedua di dunia yaitu sebesar 430%. Begitu pula jumlah pengguna ponsel di Indonesia yang telah mencapai 281,9 juta orang, yang justru lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia, dengan rincian ponsel pintar sebanyak 65,2 juta (Katadata, 2016).

Transaksi pembelian online di Indonesia pun sudah menjamur. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial untuk produk digital. Melihat kebutuhan pasar yang tinggi dan peluang bisnis yang cukup bagus, mahasiswa Universitas Diponegoro yang terbentuk dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahan (PKM-K) yang terdiri dari Linggar Maretva Cendani, Johanadi Santoso, Hanif Ramadhani, Bimanto Bayu Bintoro, dan Ganis Grahandika bersama dengan dosen pendamping, Siti Khabibah, membuat bisnis berbasis aplikasi di android yaitu In Corporation : Jasa Online Desain-In, Rental-In, Cetak-In, dan Instal-In Berbasis Android (In Apps). In Apps akan hadir menjadi aplikasi jasa rental, desaign, cetak, dan instal pertama di Indonesia. Selain itu In Corporationjuga hadir dalam bentuk platform yang dapat diakses di website www.in-corps.com.

Bimanto Bayu Bintoro