HMPS Humas Ajari Stone Painting ke Anak-anak Thalassemia

(dok. istimewa)

(dok. istimewa)

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, HMPS Humas FISIP Undip kembali mengadakan sebuah program kerja tahunan Youth Care Day dengan tema “We Share with Fun”. Acara yang dihadiri oleh anak-anak Komunitas Thalassemia tersebut berlangsung pada hari Minggu (2/10) di Desa Taruna, Banyumanik.

“Jadi, Youth Care Day merupakan acara tahunan dari Divisi Pengabdian Masyarakat HMPS Humas FISIP untuk mengabdi kepada masyarakat sekitar Semarang.Tahun ini kita mengajak anak-anak Thalassemia untuk stone painting atau melukis di atas batu candi,” ujar Rachel Christy, ketua pelaksana.

Thalassemia  merupakan kelainan darah yang ditandai dengan kondisi sel darah merah yang mudah rusak, yaitu 3-4 kali lebih cepat dibanding sel darah normal. Meskipun demikian, anak-anak Thalassemia di komunitas tersebut memiliki beragam prestasi.

Alhamdulillah, meskipun anak-anak Thalassemia sedikit berbeda dengan yang lain, dalam hal prestasi mereka bisa lebih unggul dari anak-anak normal. Seperti kemarin ada salah satu yang dapat juara pertama sebagai dalang cilik di acara Jateng Fair, ada juga yang juara menggambar tingkat internasional, dan masih banyak prestasi dan keahlian yang lain,” tutur Hadi Sarosa, Ketua Komunitas Thalassemia.

Acara semakin meriah setelah Bayu Widagdo, Dosen Ilmu Komunikasi Undip mengajarkan cara melukis batik dan wayang di atas batu candi. Melalui acara tersebut, anak-anak diharapkan untuk tetap kreatif meski dalam keterbatasan.

Pandu Nugroho

Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik