HMJIG Adakan Seminar Nasional A Simple Way to Keep Healthy with Drinking Water

ManunggalCybernews – Bidang Pendidikan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi (HMJIG) Undip mengadakan seminar nasional bertajuk “A Simple Way to Keep Healthy with Drinking Water”, Sabtu (23/11) di Gedung Balaikota Semarang. Tidak hanya mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi Undip yang menghadiri seminar ini, melainkan juga mahasiswa Poltekkes (Politeknik Kesehatan) Semarang, Poltekkes Pangkal Pinang, STIKES Udi Waluyo, serta masyarakat umum.

Sejatinya, seminar nasional merupakan program kerja HMJIG yang digelar tiap tahun, tetapi ada beberapa hal yang berbeda pada pelaksanaan seminar nasional tahun ini.  “Tahun ini nggak cuma seminar nasional, tapi ada serangkaian acara bernama Nutri Fair yang berisi bazaar dan lomba fotografi. Lomba fotografinya sendiri udah diadain dari tanggal 17 November di Gedung Pramuka. Nah, seminar nasional hari ini merupakan puncak acara Nutri Fair sekaligus pengumuman pemenang lomba,” tutur Syifa Faozia, ketua panitia acara ini.

Tiga pembicara hadir dalam seminar nasional ini, yaitu Hardinsyah (Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia dan Dosen IPB), Shofa Chasani (Spesialis penyakit dalam ginjal-hipertensi RSUP Dr. Kariadi, Semarang), dan Frieda N. R. H (Dosen Fakultas Psikologi Undip bidang PSDM). Acara diawali dengan sambutan dari Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran Undip, dilanjutkan dengan penampilan Paduan Suara dan Saman Ilmu Gizi Undip.

Hardinsyah mengisi materi pertama pada seminar nasional ini. Ia menjelaskan pentingnya air sebagai bagian tumpeng gizi seimbang. “Kekurangan satu persen air saja bisa membuat mood menjadi rusak,” ujar Hardinsyah dalam materinya. Setelah Hardinsyah menyampaikan materi, giliran Shofa Chasani memberikan materi tentang pengaruh konsumsi air terhadap penurunan resiko penyakit degeneratif. Sedangkan pembicara terakhir, Ibu Frieda N. R. H, membawakan materi mengenai pengaruh konsumsi air terhadap kemampuan kognitif. Pada akhir acara, panitia mengumumkan pemenang doorprize dan lomba fotografi. (Ayu/Manunggal)