Hilangkan Stres pada Lansia dengan Tabung Keki

(Dok. Istimewa)

ManunggalCybernews—Berangkat dari latar belakang banyaknya orang lanjut usia (lansia) yang tidak produktif dan mengalami stres karena perubahan yang dialami oleh para lansia, tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH) mengangkat penelitian yang berjudul “Tabung Keki (Taman Bunga Kehidupan Kita) Sarana Penghilang Stres bagi Lansia”.

Tim PKM yang terdiri dari empat orang, yaitu Bertha Kristiyanti (Psikologi 2015), Talitha Lintang Pertiwi (Psikologi 2015), Ikhda Izzatul Aqiilah (Psikologi 2015), dan Itsnaini Mubarokah (Psikologi 2015) melakukan penelitian di Rumah Pelayanan Sosial Lanjut Usia Wening Werdoyo Ungaran dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari Tabung Keki terhadap tingkat stres yang dialami oleh lansia.

“Hal tersebut membuat kami ingin mencari treatment untuk mengatasi stres yang dialami oleh lansia tersebut, akhirnya kami berpikir untuk membuat taman bunga yang dilengkapi dengan treatment penghilang stres bagi lansia,” ujar Bertha Kristiyanti.

Dalam Tabung Keki, para lansia diberikan tiga macam treatment, yaitu cerita bersama, senam otak, dan bermain puzzle. “Setiap treatment kami beri tema, Cerita bersama Lansia (cerita bersama), Lansia Sehat Lansia Bahagia (senam otak), Bermain Puzzle Cerita (bermain puzzle),” jelas Bertha.

Tidak hanya memberikan treatment, Bertha dan timnya pun memberikan motivasi kepada para lansia. “Di setiap treatment yang kami lakukan, kami juga memberi motivasi kepada mereka agar mereka merasa hidup mereka bermakna dan mereka bersyukur atas kehidupan mereka,” ungkapnya. (Dinda/Manunggal)