Hasil Survei Kepuasan Layanan Akademik Universitas Diponegoro tahun 2018/2019

Litbang LPM Manunggal melakukan jajak pendapat terkait kepuasan layanan akademik Universitas Diponegoro tahun 2018/2019. Pengumpulan pendapat dilakukan pada tanggal 11 September-11 Oktober 2018 menggunakan kuesioner online.  Jajak pendapat ini melibatkan 120 responden acak yang terdiri dari mahasiswa aktif S1 dan D3 Undip dengan total populasi sebanyak 45.131 mahasiswa. Metode sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling dengan bantuan kalkulator ukuran sampel daring. Hasil olah data jajak pendapat menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Undip tahun 2018/2019 dalam berbagai aspek yaitu tangibles, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy yang diajukan dalam kuesioner.

Aspek tangibles sebagai aspek yang berkaitan dengan fasilitas akademik mahasiswa. Ketersediaan fasilitas akademik yang lengkap nyaman dapat meningkatkan proses perkuliahan, seperti ketersediaan perpuatakaan dan laboratorium yang merupakan beberapa fasilitas penunjang kuliah yang sering digunakan oleh mahasiswa.

Aspek realibility adalah aspek untuk mengukur seberapa jauh kemampuan perguruan tinggi dalam memberikan pelayanan yang sesuai harapan mahasiswa. Aspek ini memiliki empat indikator, yakni kedisiplinan dosen dalam menghadiri kuliah, kompetensi dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan, ketersediaan waktu untuk diskusi dan tanya-jawab selama proses perkuliahan, dan pelayanan staf akademik. Dari keempat indikator tersebut, rata-rata mahasiswa merasa puas dengan kinerja para pendidik atau pun pelayanan para staf akademik.

Aspek responsiveness merupakan aspek yang berkaitan erat dengan ketanggapan perguruan tinggi dalam pelayanan mahasiswa. Aspek ini memiliki tiga indikator yakni bantuan bagi mahasiswa kurang mampu, keefektifan staf akademik dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa, dan kesediaan dosen dalam membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan di bidang akademik.

Aspek assurance yang secara umum semua indikator di dalamnya dinilai sudah memuaskan. Dalam aspek ini, kepuasan mahasiswa diukur dari kesopanan dan kemampuan para staf pelayanan akademik untuk memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Sedangkan yang terakhir adalah aspek empathy yang dapat mengetahui seberapa besar kepedulian para tenaga pendidik mau pun para pemangku universitas dalam memberikan perhatian dan pemahaman kepada mahasiswa.

Margin of error pada survei ini sebesar 8%. Meskipun demikian, kesalahan di luar pencuplikan dimungkinkan terjadi. Survei tidak dimaksudkan untuk mewakili pendapat seluruh mahasiswa Undip.