Hasil Survei Evaluasi Kinerja BEM Undip Tengah Kepengurusan 2017-2018

Litbang LPM Manunggal melakukan jajak pendapat terkait kinerja BEM Undip periode 2017. Survei ini dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu pada awal, tengah, dan akhir kepengurusan periode 2017 dengan tujuan untuk mengetahui penilaian serta tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja BEM Undip.

Hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja BEM Undip di tengah kepengurusan adalah sebanyak 1% merasa sangat puas, 28% puas, 54% merasa cukup puas, 16% tidak puas dan 1% merasa sangat tidak puas. Persentase mahasiswa Undip yang mengikuti program kerja BEM Undip yaitu sebanyak 1% selalu mengikuti, 29% sering mengikuti, 58% jarang dan sebanyak 12% tidak pernah mengikuti.

Pengumpulan pendapat dilakukan pada 17 September – 18 Oktober 2017 dengan menggunakan kuesioner online untuk responden tetap dan wawancara secara langsung (tatap muka/telepon) untuk responden pengganti. Jajak pendapat dilakukan terhadap 157 responden dan dilakukan secara periodik. Responden terpilih adalah mahasiswa yang mengikuti organisasi di kampus serta bukan merupakan pengurus BEM Undip. Populasi survei adalah mahasiswa aktif S1 dan D3 Undip dipilih secara acak proposional berdasarkan fakultas dari total mahasiswa S1 dan D3 sejumlah 35.645. Sampel responden diambil menggunakan metode Stratified Random Sampling dan Purposive Sampling.

Nirpencuplikan penelitian (margin of error) pada metode ini adalah sebesar 8 persen. Meskipun demikian, kesalahan di luar pencuplikan dimungkinkan terjadi.