Hari Anti Narkoba Sedunia

Hari Anti Narkoba Sedunia telah diperingati oleh PBB sejak tahun 1988 setiap tanggal 26 Juni yang bertujuan untuk melawan penyalahgunaan obat-obatan dan penjualan obat secara ilegal sehingga tercapai masyarakat internasional yang bebas penyalahgunaan narkoba. Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati pengungkapan kasus Lin Zexu berupa perdagangan Opium di Humen, Guangdong.

Lin Zexu adalah seorang pejabat pada masa kaisar Daoguang dari Dinasti Qing. Dia juga seorang filsuf, ahli kaligrafi, dan penyair yang terkenal akan perjuangannya dalam menentang perdagangan Opium oleh bangsa-bangsa asing di Tiongkok. Adanya perdagangan Opium mengakibatkan harta negara mengalir ke tangan Inggris untuk membeli obat-obatan. Hal itu membuat Lin Zexu merasa prihatin terhadap kondisi bangsanya. Kemudian dia mencoba menarik perhatian istana dengan nasihat-nasihatnya mengenai keterpurukan bangsa akibat adanya perdagangan Opium serta menegaskan kepada Kaisar bahwa perdagangan Opium harus dilarang karena menghabiskan kekayaan negara. Usahanya tersebut akhirnya memicu Perang Candu.

Perang Candu bermula dari penyelundupan candu ke Tiongkok oleh para pedagang Inggris sebagai strategi agar Tiongkok mau membuka hubungan perdagangan dengan Inggris. Penyelundupan candu terus meningkat. Tercatat pada tahun 1820 penyelundupan candu mencapai 900 ton per tahun. Kemudian pada Maret 1839, Kaisar mengangkat Lin Zexu sebagai pejabat Komisioner Tinggi Tiongkok untuk mengatasi penyelundupan candu. Lin Zexu mendatangi gudang penyimpanan candu milik Inggris dan meminta pihak Inggris menyerahkan candu yang disimpan di gudang tersebut. Namun, Charles Elliot, kepala perdagangan Inggris, menolak. Akibatnya, Lin Zexu mengepung gudang penyimpanan candu yang di dalamnya terdapat 300 pekerja. Pengepungan berlangsung selama 40 hari dan berakhir ketika para pekerja menyerah karena kelaparan. Lalu, Lin Zexu menenggelamkan candu ke laut dan memaksa Inggris menandatangani perjanjian agar tidak menyelundupkan candu lagi. Akan tetapi, Inggris menganggap tindakan pemerintah Tiongkok sebagai penyitaan properti milik pribadi yang tidak dapat dibenarkan sehingga Inggris mengirim kapal-kapal perang untuk mengancam pemerintah Tiongkok dan mengepung pelabuhan. Pada November 1839, kapal perang Inggris menembaki kapal perang Tiongkok dan Perang Candu pun dimulai pada tahun 1839 hingga 1842.

Penetapan peringatan Hari Anti Narkoba Sedunia berawal dari resolusi PBB 42/112 pada 7 Desember 1987. Saat resolusi tersebut, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 26 Juni sebagai Hari Internasional Melawan Penyalahgunaan Obat dan Perdagangan Gelap. Kemudian, resolusi ini direkomendasikan tindakan lebih lanjut sehubungan dengan laporan dan kesimpulan dari Konferensi Internasional 1987 tentang Penyalahgunaan Narkoba dan Perdagangan Gelap. Pada tahun 1998, dilaksanakan Sidang Khusus oleh Majelis Umum PBB Sesi Khusus untuk Narkoba yang menjadi tonggak penting dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam dokumen kebijakan perihal Deklarasi Politik dan Rencana Aksi Kerjasama Internasional Menuju Terpadu dan Seimbang Strategi untuk Melawan Masalah Narkoba di Dunia. Kemudian, Majelis Umum PBB kembali menyelenggarakan Sidang Istimewa (UNGASS) pada April 2016 mengenai obat-obatan.