HAA Trockner, Pengering Multi Fungsi yang Praktis dan Efisien

Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Indonesia selalu mengalami perubahan musim tersebut. Namun saat ini perubahan musim itu sudah tidak menentu dikarenakan bumi kita saat ini sedang berada di status global warming. Perubahan musim di Indonesia saat ini sudah tidak bisa diprediksi lagi, akibatnya ada aktivitas manusia yang terhambat. Aktivitas itu berupa pengeringan pakaian yang menjadi tidak maksimal karena perubahan cuaca yang tidak menentu.

Kebingungan terhadap permasalahan itu saat ini mampu diwujudkan oleh sekelompok mahasiswa, yaitu Dianti (2013),  Rizqa Alfiana (2013), Ade Siti Sarah Azhari (2013), Adiansjah Rachman (2014), Febri Fertianto (2014) melalui penelitian serta karya berupa alat pengering multi fungsi yang praktis dan efisien, Hot Air Atomizer Trockner (HAA Trockner). Alat ini diharapkan mampu membantu wanita karir, ibu rumah tangga, hingga anak kos yang memiliki sedikit waktu untuk membantu mengeringkan pakaian dan menggosok pakaian. Selain sebagai pengering pakaian, alat ini juga dapat digunakan sebagai pengharum pakaian dengan mengatur switching yang terpasang di alat tersebut.

HAA Trockner juga dapat digunakan tanpa menggunakan listrik sehingga dapat difungsikan saat listrik padam. Karena alat ini dilengkapi oleh aki sebagai cadangan energi listrik sebesar 4 ampere. Alat ini juga memiliki tombol pengaturan suhu pengeringan dan secara otomatis akan mati dengan sendirinya. Alat-alat yang dibutuhkan dalam pembuatan HAA Trockner antara lain motor dinamo, timer, adaptor/catu daya, switch on/offswitch speed/kecepatan, kipas, aki/baterai, kabel, bahan aluminium, bahan polyvinyl, dan bahan parasit.


Oleh:

Rizqa Alfiana
Mahasiswa PSDIII Teknik Elektro

Rizqa

 

 

 


Kanal Citizen Journalism ini merupakan Media Mahasiswa. Setiap berita/opini di kanal ini menjadi tanggung jawab Penulis.