Guru Besar Psikologi UI Isi Seminar Nasional di Undip

Guru Besar Psikologi UI, Prof Dr Hamdi Muluk, menjadi pembicara materi pengaruh media massa terhadap voting behavior dalam Seminar Nasional yang digelar Social Study Club di Aula Dekanat Fakultas Psikologi Undip, Sabtu (11/10). (Kalista/Manunggal)


ManunggalCybernews — Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia, Prof Dr Hamdi Muluk, menjadi pembicara materi pengaruh media massa terhadap voting behavior, dalam Seminar Nasional yang digelar Social Study Club di Aula Dekanat FakultasPsikologi Undip, Sabtu (11/10).

Materi diawali dengan pemaparan kondisi politik di Indonesia oleh Prof Hamdi. Menurutnya, saat ini media massa menjadi pembentuk skenario bagi para pemilik media yang terjun ke dunia politik. Media massa menjadi wadah bagi para elit politik untuk mengatur dan merencanakan perilaku politik masyarakat sesuai dengan yang mereka inginkan.

Prof Hamdi menjelaskan, voting behavior adalah salah satu bentuk perilaku politik yang dapat terbentuk melalui media massa. Masyarakat dapat membangun persepsi positif maupun negatif terhadap kualitas tokoh dan partai politik yang akan mereka pilih melalui pencitraan yang dibentuk media massa. Selain itu, media massa juga berperan membangun popularitas tokoh dan partai politik.

“Sekarang, media semakin meningkatkan political involvement-nya. Tapi, bagaimana pun juga, yang nomor satu sudah bukan lagi dari elit. Sekarang yang nomor satu adalah kekuasaan rakyat,” kata Prof Hamdi.

Prof Hamdi menambahkan, manusia secara psikologis dan kognitif perlu memeroleh informasi dan pengetahuan untuk mencapai keseimbangan, sehingga tidak muncul chaos dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, media massa memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.

“Tapi bagaimana pun nanti informasi dari media berdatangan, kebutuhan manusia untuk mencari yang benar itu pasti hakiki,” ujarnya. (Kalista/Manunggal)