FT Nyatakan Kesiapan dalam Pengadaan Sekolah Vokasi

Dekan Fakultas Teknik (FT), Agung Wibowo menyampaikan kesiapan FT mengenai pengadaan sekolah vokasi, Rabu (30/3). (Putri/Manunggal)

Dekan Fakultas Teknik (FT), Agung Wibowo menyampaikan kesiapan FT mengenai pengadaan sekolah vokasi, Rabu (30/3). (Putri/Manunggal)

 

Fakultas Teknik (FT) Undip menyatakan kesiapannya dalam pengadaan sekolah vokasi. Dekan FT, Agung Wibowo mengungkapan kesiapan FT dalam pengadaan sekolah vokasi lebih matang daripada fakultas lain. Hal ini disampaikan dalam Forum Mahasiswa Teknik yang diselenggarakan oleh BEM FT pada Rabu (30/3) di Gedung Dekanat FT Undip Lantai 3.

“Fakultas Teknik kan sudah memiliki gedung D3, sudah ada dosen, dan pejabatnya itu sudah terbiasa dengan program terapan,” ujar Agung.

Agung mengakui, eksekusi sekolah vokasi tidak akan sebentar. Namun, FT telah selesai membuat kajian akademis untuk mengusulkan pelaksaan sekolah vokasi ke pihak universitas.

Lebih lanjut, Agung menjelaskan bahwa sekolah vokasi akan menyediakan program vokasi DIII, DIV, S2 Magister Terapan, hingga S3 Doktor Terapan. Sekolah vokasi akan dipimpin oleh satu orang dekan sekolah vokasi dan maksimal dua orang wakil dekan, yang terdiri dari wakil dekan kemahasiswaan dan wakil dekan sumber daya inovasi. Dalam pengadaannya, sekolah vokasi akan dilengkapi fasilitas laboratorium yang lebih memadai untuk mendukung praktikum mahasiswa. Kendati demikian, Dekan FT belum memastikan lokasi pembangunan sekolah vokasi.

“Untuk tempat biar kami yang memikirkan, kalian sebagai mahasiswa tidak usah ikut memikirkan. Intinya, masterplan infrastruktur akan mengikuti masterplan proses pendidikan,” kata Agung.

Forum tersebut dihadiri pula Majelis Wali Amanat (MWA) unsur mahasiswa, Yanfa’uni Ade Pradena. Ade mengungkapkan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) untuk sekolah vokasi sudah disetujui seluruh anggota MWA. “Saat ini sedang dirapikan pasal-pasalnya saja. Paling lambat bulan Mei SOTK ketok palu, maka sekolah vokasi ini akan segera dilaksanakan,” jelasnya. (Uti/Manunggal)