FPP Undip Buka Kampus Baru di Batang

ManunggalCybernews—Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP) Undip akan membangun kampus baru yang berlokasi di Batang, Jawa Tengah. “FPP mendapatkan tugas dari universitas untuk menyelenggarakan program pembelajaran S1 Peternakan di kampus Batang,” ujar Mukh Arifin, dekan FPP Undip saat ditemui tim Cybernews Manunggal di ruangannya.

Pemilihan lokasi di Batang ini dikarenakan adanya kerjasama antara Undip dengan pemerintah Kabupaten Batang. “Iya itu kan tanahnya dihibahkan dari pemerintah Kabupaten Batang. Sementara di beberapa event, Pak Rektor menyampaikan kalau tujuan dari dibukanya kampus di Batang, yaitu untuk mendekatkan pelayanan pendidikan tinggi dan memberikan kemudahan akses bagi warga di Batang dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut Arifin, rencananya akan dibuka program studi (prodi) tambahan di kampus Batang di mana prodi tersebut telah mendapatkan akreditasi A di kampus utama. Selain itu, terdapat syarat yang dibuat oleh Kemenristekdikti. “Jika daya tampung di kampus utama sudah penuh, maka rencananya akan ditambah daya tampung di kampus Batang sebesar 60 mahasiswa per angkatan,” jelasnya.

Menurut keterangan Arifin, tidak ada perbedaan yang signifikan antara kampus utama dan kampus di Batang, perbedaan hanya terletak pada lokasi. Terkait pembangunan, Arifin mengatakan belum mulai dilaksanakan. “Belum mulai dan belum tau. Itu (red-proses pembangunan) baru dipasang papan nama,” lanjutnya. (Sherline, Dimas/Manunggal)