FIB Undip Gelar Kartini Festival

Penampilan Teater Emper Kampoes (Emka) dalam acara Kartini Festival di pelataran kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro, Senin (21/4). (Gina/Manunggal)

Penampilan Teater Emper Kampoes (Emka) dalam acara Kartini Festival di pelataran kampus Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro, Senin (21/4). (Gina/Manunggal)

ManunggalCybernews – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Diponegoro menggelar Kartini Festival di Pelataran Kampus FIB Undip, Senin (21/4). Kegiatan yang diprakarsai Kementrian Minat dan Bakat (Mikat) BEM FIB ini, dimeriahkanpenampilan beberapa Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKK) dan juga perwakilan jurusan, UKK yang turut memeriahkan acara ini, antara lain adalah kelompok teaterikal Emper Kampoes (Emka) dan juga Wadah Musik Sastra.

Selain pertunjukan, dalam acara inidiadakan juga berbagai macam lomba,yaitu lomba memasak nasi goreng, tarik tambang,dan karya seni. Lomba-lomba tersebut dianggap mampu menganalogikan emansipasi wanita yang diperjuangkan Kartini.Tarik tambang misalnya, peserta yang mengikuti lomba ini tidak hanya laki-laki melainkan dalam tim juga dikutsertakan peserta perempuan.Pada puncak acara, disampaikan pula deklarasi wanita yang diwakilioleh mahasiswi FIB Undip.

Tahun ini merupakan tahun kedua diselenggarakannya Kartini Festival. “Tahun Kemarin namanya Kartini Fair, tahun ini namanya Kartini Festival karena ada lomba-lomba,” ungkap Vicko, ketua panitia sekaligus menteri Mikat BEM FIB. Vicko menambahkan, antusiasme warga FIB lebih banyak di tahun ini.Selain dengan diselenggarakannya Kartini festival, warga FIB juga mengapresiasi hari Kartini dengan mengenakan pakaian batik dan kebaya di lingkungan kampus.(Gina/Manunggal)