FIB Terima Dua Mahasiswa Difabel, Edy Rianto : Akan Segera Difasilitasi

Mahasiswa baru FIB mengikuti PKKMB fakultas Selasa (6/8) di gedung serbaguna FIB.

ManunggalCybernews– Tahun ini Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip menerima 833 mahasiswa yang dua diantaranya adalah mahasiswa difabel. Ditahun sebelumnya FIB belum pernah menerima mahasiswa difabel seperti tahun ini. Kedua mahasiswa tersebut mengikuti serangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) didampingi orang tuanya.

Panitia PKKMB FIB memberikan keringanan berupa diperbolehkan untuk tidak mengikuti kegiatan yang banyak berpindah tempat. “Kalau perlakuan khusus yang dibutuhkan memang iya ada, karena keterbatasan dalam berkegiatan mengingat ada yang menggunakan kursi roda untuk bergerak,” tutur Ahmad Multazam, Ketua Panitia PKKMB FIB. Selain itu, panitia dan mahasiswa baru lainnya turut membantu mereka dalam mengikuti serangkaian kegiatan PKKMB.

Menurut Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP), Edy Rianto menyebutkan bahwa Undip berkomitmen untuk membuka peluang bagi mahasiswa difabel. Tidak ada jalur khusus untuk mereka melainkan tetap melewati jalur penerimaan yang sama dengan mahasiswa lainnya. “Tidak ada diskriminasi, tapi tidak ada belas kasihan juga. Perlu diingat bahwa mereka lolos karena murni kemampuan mereka,” ujar Edy Rianto.

Pihak kampus berencana akan segera memberikan fasilitas untuk mahasiswa difabel. “Kalau kebetulan di FIB  belum cukup fasilitasnya, ya harus segera diadakan untuk memfasilitasi mereka seperti lift, jalan untuk kursi roda dan lainnya,” ucap Edy. Akan tetapi, Edy mengatakan bahwa Undip belum mampu untuk menyediakan tenaga pengajar khusus mahasiswa difabel. “Dia harus bawa asisten karena Undip tidak mampu kalau menyediakan itu untuk satu orang karena itu mahal sekali,” tutup Edy. (Winda/Manunggal)