Empal Gentong, Cita Rasa Gulai Khas Cirebon

(Dok.Istimewa)

Empal Gentong, orang asli Cirebon pastinya sudah kenal makanan khas yang satu ini. Lalu apa sih Empal Gentong itu?

Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) yang dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong (periuk tanah liat). Sedangkan empal sendiri merupakan daging yang telah diiris yang menjadi isian makanan tersebut, terdapat pula isian lain seperti usus, babat, dan sebagainya. Selain dimasak menggunakan kayu bakar dan gentong, makanan ini disajikan menggunakan kucai dan sambal berupa cabai kering yang digiling. Empal Gentong dapat disajikan dengan nasi atau juga lontong.

Siapa pun yang ingin berburu kuliner ini, bisa mengunjungi daerah Plered di Kabupaten Cirebon. Ada belasan bahkan puluhan lapak Empal Gentong dari Jalan Juanda, Battembat, sampai ke Plered dan Desa Megu. Ini adalah jalan raya dari Cirebon ke Bandung. Battembat juga disebut sebagai tempat kelahiran Empal Gentong.

Rasa dari Empal Gentong ini tidak ada duanya! Rasa legit, gurih, hangat dan juga sensasi rasa daging yang lembut dengan kuah mirip dengan gulai, akan membuat lidah bergoyang dan bikin nagih. Bagi kamu yang penyuka makanan pedas, bisa ditambahkan sambal kering yang  pedasnya sampai bisa bikin mata kamu melek maksimal! Apalagi kalau makan Empal Gentong ditambah kerupuk, hmm enggak ada yang bisa ngalahin deh nikmatnya.

Bagaimana? Sudah terbayang kan enaknya makanan khas Cirebon yang satu ini seperti apa? Pasti kalian ingin main ke Cirebon dan makan Empal Gentong kan?  (Dimas/Manunggal)