Ekspolarasi Cinta Negeri Dukung Semangat Cinta Tanah Air dan Pahlawan

Lomba kostum Pahlawan dari siswa kelas 12 yang tampil sebagai Cut Nyak Dien di SMAN 15 Semarang, Jumat (15/11)
(Dokumentasi Pribadi)

Mahasiswa S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan  “Eksplorasi Cinta Negeri” pada Jumat (15/11) di SMAN 15 Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas 12 SMAN 15 Semarang. Dalam kegiatan ini bertujuan untuk memperingati dan menghargai jasa para Pahlawan sekaligus memberi informasi umum seputar S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat.

Kegiatan Eksplorasi Cinta Negeri diawali dengan informasi dasar tentang pahlawan dan cara memujudkan semangat nasionalisme pada masa kini. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pengenalan materi tentang jurusan informasi umum seputar S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat. Selain pengenalan dari materi, terdapat juga stand mata kuliah S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat yang terdiri dari stand audio visual, design dan media cetak, fotografi, dan stand ‘Literasiku’yang merupakan aplikasi buatan untuk publikasi dan jurnal dari mahasiswa S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat. Siswa–siswi SMAN 15 mengikuti dan menyimak kegiatan  dengan antusias.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa–siswi kelas 12, karena selain memperingati hari Pahlawan Nasional sekaligus juga mengetahui  informasi secara detail tentang jurusan kuliah di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro terutama Jurusan S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat dan diperlukan informasi ini untuk panduan dalam memilih jurusan saat memutuskan pengambilan jurusan di Universitas,” jar Bu Liliek sebagai Humas SMAN 15 Semarang saat memberi sambutan Kegiatan ini.

Kegiatan Eksplorasi Cinta Negeri dilanjutkan dengan hiburan yaitu lomba kostum yang memberikan citra sebagai Pahlawan Nasional. Setiap kelas akan menunjuk perwakilan untuk mewakili kelas dan menjadi model lomba kostum dan  dan berjalan catwalk di tengah audiens untuk menunjukan kostum yang telah dipakai.

Setelah acara catwalk, panitia memutuskan siapa pemenang lomba kostum berdasarkan kreatifitas yang unik. Pemenang Juara Lomba kostum pertama yaitu  kelas 12 IPA 1 dengan kostum Cut Nyak Dien, 12 IPS 3 sebagai juara kedua dengan kostum Jenderal Soedirman , dan 12 IPA 4 sebagai juara ketiga dengan kostum Cut Nyak Meutia. Para pemenang diberi hadiah piala dan merchandise dari panitia.

 

Raegita Wibowo

S1 Terapan Informasi dan Hubungan Masyarakat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *