DMW Gelar Pemutaran dan Diskusi Film “Di Balik Frekuensi”

ManunggalCybernewsDiponegoro Media Watch (DMW) Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Undip bekerja sama dengan jurusan Ilmu Komunikasi Undip menggelar pemutaran dan diskusi film Di Balik Frekuensi di Ruang Teater Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Senin (18/3).

Di Balik Frekuensi merupakan film dokumenter panjang pertama di Indonesia yang berbicara tentang media, khususnya media televisi yang menggunakan sarana frekuensi. Film yang dikategorikan dalam Feature documentary ini bercerita tentang bagaimana frekuensi publik saat ini digunakan oleh pemilik media untuk kepentingan politik dan bisnisnya yang jauh dari kepentingan yang berkenaan dengan publik.

Acara ini dihadiri tiga pembicara, salahsatunya adalah produser film tersebut, Ucu Agustin. Selain itu, hadir pula seorang jurnalis, Luviana, dan dosen Ilmu Komunikasi, Triyono Lukmantoro, M.Si.

Nisa Bela Dina, ketua panitia, mengatakan, tujuan diadakannya acara ini adalah agar mahasiswa mengerti proses pembuatan film serta permasalahan media di Indonesia, terutama media elektronik. “Acara ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan wawasan mengenai proses pembuatan film serta isu sosial dan politik yang digambarkan dalam film,” imbuhnya.

Rizqi Ganis, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang merupakan salah satu peserta dalam pemutaran dan diskusi film ini mengaku dirinya menjadi lebih mengetahui kehidupan dan kondisi jurnalisme yang ada di Indonesia. “Saya bisa makin tahu kehidupan dan kondisi jurnalis yang ada di tanah air, terutama kondisi di balik besarnya suatu media,” ujarnya. (Rifqi/Manunggal)