DIPO ISO-FILTER (Industrial Smoke Obstacles) Inovasi Penyaring Partikel Asap Industri Demi Keselamatan Bumi

Kemajuan industri di satu sisi meningkatkan perekonomian suatu negara, namun di  sisi lain menimbulkan  dampak buruk terhadap lingkungan, salah satunya adalah timbulnya pencemaran udara oleh asap pabrik industri. Kandungan asap pabrik suatu industri seperti gas karbondioksida (CO2), karbon monoksida (CO), Sulfur Oksida (SO) dan partikulat polutan lainnya menyebabkan degradasi lingkungan yang memicu terjadinya hujan asam, global warming dan penyakit bawaan udara seperti emfisema, bronkitis, bahkan kanker kulit apabila tidak dilakukan pengendalian pencemaran udara oleh asap pabrik dengan baik.

Dari latar belakang tersebut, lahirlah inovasi berupa DIPO ISO-FILTER (Industrial Smoke Obstacles) yang digagas oleh Reza Firdaus (2014), Budi Hendarto (2014), Rizqa Alfiana (2013), serta Hanan Atqiya (2013). Keempat mahasiswa D3 Teknik Elektro Universitas Diponegoro tersebut merancang sebuah inovasi alat penyaring asap pabrik yang terdiri dari 5 tahap penyaringan meliputi filter udara, filter basah (wet filter), pengendap  gravitasi, pengendap  elektro  statis, dan pengendap siklon. Karya inovasi yang juga merupakan PKM-KC (Karsa Cipta) ini bertujuan mengurangi emisi gas buang pada pembakaran di pabrik dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi dari kelima tahap penyaringan sehingga memperoleh hasil yang signifikan dalam pengurangan polutan asap pabrik industri. Diperkirakan sekitar 60% pengurangan emisi gas buang akibat pembakaran di pabrik dapat tereduksi secara efisien.

Pembuatan alat DIPO ISO-FILTER ini membutuhkan pipa besi, tabung besi, pompa, filter, pengendap elektrostatis, membran pengendap siklon, sekrup, tang, obeng, gergaji besi, dan bor. Metode pembuatannya sendiri meliputi pembuatan rancangan gambar tentang DIPO ISO-FILTER, penyusunan pipa yang akan digunakan sebagai saluran asap pabrik, lalu menyambungkan pipa dengan drum besi yang berisi air dan pompa serta filter penyaring endapan asap, kemudian membuat sistem penyaringan gravitasi dengan menyusun pipa memanjang, lalu menyambungkan pipa lanjutan dengan tempat penyaringan elektrostatis dan menyambungkan pipa dengan pengendap siklon serta membuat saluran ke atas guna menyalurkan asap pabrik yang ramah lingkungan.

DIPO ISO-FILTER ini diharapkan mampu menjadi solusi atas permasalahan lingkungan yang timbul akibat asap pabrik industri sehingga dapat menciptakan industri yang ramah lingkungan serta mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.


Oleh :

Rizqa Alfiana
Mahasiswa PSDIII Teknik Elektro

Rizqa

 

 

 


 

Kanal Citizen Journalism ini merupakan Media Mahasiswa. Setiap berita/opini di kanal ini menjadi tanggung jawab Penulis.