DIII FIB Undip Resmi Pindah ke Kampus Tembalang

ManunggalCybernews– Program DIII Fakultas Ilmu Budaya (FIB) tahun 2016 ini resmi dipindahkan ke Tembalang. Meskipun belum ada surat keputusan tertulis secara resmi, namun hal tersebut sudah disepakati oleh para pimpinan di tingkat fakultas. Sebelumnya, terkait pemindahan DIII ke kampus atas sudah marak disuarakan mahasiswa DIII melalui acara sambung rasa.

“Jadi di FIB itu tiap dua bulan sekali ada sambung rasa serta bimbingan dengan mahasiswa. Salah satu diantaranya dulu yang disuarakan oleh mahasiswa di program DIII adalah meminta untuk dipindahkan ke atas,” ujar Suharyo, Wakil Dekan II ketika ditemui Tim Joglo Pos Xpress di ruangannya, Selasa (9/8).

Pemindahan DIII dari kampus Pleburan ke kampus Tembalang, menurut Suharyo, yakni untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran mengingat dari sisi waktu, pembiayaan, dan operasional akan lebih baik jika digabung menjadi satu. Selain itu, agar tidak ada kesan menomorduakan DIII. “Supaya  tidak menganaktirikan mahasiswa yang lain. Alasan inilah yang paling mendasari kepindahan kampus bawah ke atas,” jelasnya.

Fasilitas ruang kelas yang saat ini sudah ada di FIB mampu untuk menunjang kebutuhan proses perkuliahan baik S1 maupun DIII.  “Sebelum dipindahkan ke kampus atas, kami sudah melakukan simulasi dan insya Allah cukup. Karena kami punya ruangan yang sudah ada ditambah ruangan baru di Gedung Serba Guna (GSG) yang bisa digunakan untuk ruang kuliah,” ungkap Suharyo.

Meski pun ruang perkuliahan sudah menunjang, namun lahan parkir yang ada masih belum memadai. “Untuk saat ini, kami menggunakan lahan yang ada di belakang GSG. Insya Allah, di tahun 2017 rencananya di gedung dekat Widya Puraya itu kan masih ada lahan kosong nah di situ akan dijadikan gedung parkir bersama 5 lantai, art center untuk FIB, dan pusat kegiatan mahasiswa Fakultas Hukum jadi kurang lebih luasnya 1500m2,” ujar Suharyo.

Salah satu mahasiswa DIII Perpustakaan dan Informasi angkatan 2014, Muhamad Chaerul Rais, mengatakan bahwa dirinya merasa senang karena DIII dipindahkan. “Ya jelas senang sih. Kalo di bawah itu nggak kerasa kaya kuliah, malah kaya kursus. Yang ngerasain jadi mahasiswa Undip yang ikut BEM atau organisasi lain yang sering ke Tembalang. Kalau dia nggak pernah ke Tembalang ya dia nggak pernah ngerasain kuliah,” ungkapnya.

Sebelumnya, mahasiswa DIII membuat gerakan agar mereka dapat kembali ke kampus atas. Hal ini bukan tanpa sebab karena mereka merasa fasilitas yang didapatkan tidak sesuai terutama untuk mahasiswa yang membayar UKT tinggi. “Terutama mahasiswa yang bayar UKT Rp4,5 juta itu kan fasilitasnya harus sama lah kaya AC dan segala macamnya,” ungkapnya. (Fini, Ma’ruf, Laras, Dinda)


Versi cetak artikel ini terbit di Joglo Pos Xpress edisi II (10 Agustus 2016) di halaman 3 dengan judul “DIII FIB Undip Resmi Pindah ke Kampus Tembalang”