Dies Natalis Undip ke-57 Resmi Dibuka

Pelepasan  balon helium oleh Rektor,11 Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua LPPM, dan Ketua LP2MP Undip di depan Gedung Information, Communication Technology Centre (ICT Centre) dan Laboratorium Terpadu Undip Tembalang, Jumat (19/9).(Nuzul/Manunggal)


ManunggalCybernews – Pembukaan Dies Natalis Universitas Diponegoro (Undip) ke-57 dibuka secara resmi oleh Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD, di depan Gedung Information, Communication Technology Centre (ICT Centre) dan Laboratorium Terpadu Undip Tembalang, Jumat (19/9). Rangkaian Pembukaan Dies Natalis Undip diawali dengan senam pagi yang diikuti para pimpinan universitas, mahasiswa, karyawan, dan mitra Undip.

Dekan Fakultas Sains dan Matematika yang menjadi ketua panitia Dies Natalis Undip, Muhammad Nur mengatakan, pada usia yang ke-57 ini Undip akan meningkatkan empat pilar penting. Keempat pilar tersebut adalah kegiatan pengembangan pendidikan; penelitian sains, teknologi, dan kemasyarakatan; sosiokultural; serta pengabdian kepada masyarakat. Menurut penuturannya, salah satu bukti nyata pilar keempat adalah adanya desa inovasi yang dikembangkan Undip di Rowosari.

“Tema otonomi dalam harmoni mengandung makna Undip harus terus berkarya dan bisa menjadi universitas yang otonom serta dapat mandiri dalam mengembangkan riset dan pengelolaan keuangan. Namun, tetap menjadi universitas yang harmoni dan nyaman bagi dosen, mahasiswa, karyawan, dan mitra Undip ke depannya,” ujarnya.

Prof Sudharto mengatakan, dengan dibukanya rangkaian acara dies natalis Undip ke-57, bisa mematangkan Undip untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

“Dengan kesiapan Undip untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum, kita dapat menjadi universitas yang otonom dan harmoni seperti tema yang kita angkat dalam dies natalis tahun ini, meskipun kita otonom kita akan tetap harmoni dengan mahasiswa dimana biaya pendidikan akan terjangkau dan harmoni dengan stakeholder serta masyarakat yang akan menjadi mitra kita,” tuturnya.

Usai senam pagi, acara dilanjutkan dengan pelepasan balon helium oleh Rektor, 11 Dekan Fakultas, Direktur Pasca Sarjana, Ketua LPPM, dan Ketua LP2MP Undip. Pelepasan balon ini diikuti pelepasan balon Zeppelin, yang akan terpasang selama sebulan di atas atap Gedung ICT Center dan Lab Terpadu, yang menandai Dies Natalis Undip telah dibuka. Acara ini ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Prof Dharto, serta makan bersama para pimpinan universitas, mahasiswa, karyawan, dan mitra Undip. (Nuzul/Manunggal)