Cegah Kecelakaan di Area Kampus, Undip Buat Sistem Satu Arah

Persimpangan Jalan Gedung Fisip yang rencananya akan diberlakukan sistem satu arah. (Foto: Fidya/Manunggal)

Warta Utama— Sejak awal semester genap dimulai, ada beberapa wajah baru di Undip salah satunya ialah hadirnya rambu-rambu lalu lintas pada persimpangan jalan di beberapa area kampus Undip, Tembalang. Tidak lagi berlaku dua arah, beberapa jalan di area kampus direncanakan hanya dapat dilalui satu arah (one way) saja.

Pemasangan rambu-rambu sudah dilakukan sejak hari pertama kuliah. Beberapa di antaranya sudah terpasang, namun masih ditutupi dengan kertas. Beberapa rambu ini jika nanti telah diberlakukan, membuat pengendara harus memutar untuk mencapai tujuan. Contohnya saja rambu dilarang belok kiri di persimpangan patung sapi FPP dan persimpangan sebelum FISIP.

“Mulai awal Maret kita akan mengubah alur transportasi. Nanti akan kita umumkan dan mungkin akan kita pasang baliho dan 2 minggu setelahnya akan kita terapkan. Tujuannya adalah untuk mengurangi angka kecelakaan di area kampus,” ujar Wakil Rektor 2, Heru Susanto saat ditemui tim cybernews pada Kamis (20/2).

Jalan tanjakan dari FPP menuju patung sapi dan pertigaan menuju Jurang Blimbing adalah titik rawan kecelakaan terutama di jam sibuk masuk dan pulang kuliah. Rencananya, dari arah pintu masuk untuk menuju FPP, FPIK, FKM, FK, Teknik Kimia, Teknik Industri, dan Teknik Mesin berlaku satu arah melewati Widya Puraya, FSM dan FEB. Begitu juga satu arah berlaku pada jalan depan Student Centre menuju FISIP.

“Untuk jalan dari Teknik Elektro sampai ke depan FPIK akan kami hentikan dan akan menjadi pedestrian zone,” terang Heru mengenai penutupan jalan bagi kendaraan bermotor yang akan menjadi jalur pejalan kaki.

Penulis : Fidya Azzahro
Reporter : Fidya Azzahro, Winda Nurghaida
Editor : Alfiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *