Cara Alternatif Menghabiskan Waktu Liburan Bagi Mahasiswa Rantau

(Dok. Istimewa)

 

Liburan semester merupakan momen yang tepat bagi mahasiswa rantau untuk pulang ke rumah. Mulai jauh-jauh hari, mahasiswa biasanya sudah mempersiapkan diri menjelang jadwal kepulangan. Mulai dari membersihkan kamar kos, membeli oleh-oleh, mempersiapkan tiket perjalanan, dan perisapan lain menjelang bertemu dengan keluarga. Meskipun libur akhir semester ini cukup panjang, ternyata tidak semua mahasiswa menghabiskannya untuk pulang ke kampung halaman. Masih banyak pula mahasiswa yang betah menikmati lingkungan kampus. Biasanya hal ini dilakukan oleh mahasiswa semester akhir untuk menyelesaikan tugas akhirnya, penelitian, atau mahasiswa yang sedang menjalani KKN. Namun ada pula mahasiswa yang tidak pulang karena alasan biaya, rumah yang jauh, atau memang ingin mencari suasana baru di lingkungan kampus sendiri.

Menghabiskan waktu di kos saat teman-teman lain pulang kampung memang menjenuhkan, terutama bila tidak ada kegiatan organisasi atau akademik yang akan dikerjakan di kampus. Untuk kamu yang bingung harus menghabiskan waktu liburan semester dengan tidak pulang kampung, berikut beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu liburanmu di tempat rantau :

  1. Magang

Magang menjadi salah satu alternatif yang paling bermanfaat bagi mahasiswa yang tidak pulang kampung. Magang dalam hal ini tidak bersifat wajib dari kampusmu, tapi memang niat dan keinginan pribadi untuk menghabiskan waktu liburan. Selain bisa memraktekkan ilmu di tempat magang, kamu juga bisa menambah relasi dan teman-teman baru yang nantinya dapat menambah wawasan dan mitra kerja.

  1. Freelance

Kamu yang mungkin masih terkendala biaya untuk pulang dan ingin menambah uang jajan selama liburan semester, bisa pula menghabiskan liburanmu dengan bekerja secara freelance atau full time. Biasanya ada beberapa tempat yang menerima pekerja sementara untuk bekerja selama satu bulan atau sesuai perjanjian. Meskipun penghasilan yang didapat tidak banyak, tetapi cukup untuk menambah uang jajan dan membeli beberapa kebutuhan yang kamu inginkan.

  1. Belajar Bahasa Inggris ke Kampung Pare

Pilihan ini sekarang tengah marak dilakukan oleh mahasiswa yang ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Banyak mahasiswa yang pergi ke Kampung Pare untuk pertama kali, ada juga yang  sudah pernah kesana dan tertarik untuk kembali sekedar menambah teman atau melanjutkan level yang pernah di pelajari.

  1. Liburan ke Tempat Wisata

Untuk pilihan ini, kamu perlu merogoh kocek yang cukup banyak, karena setiap liburan akan membutuhkan biaya perjalanan dan keperluan yang akan dibeli. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu tuju untuk pilihan ini.

  1. Liburan di Rumah Teman

Untuk kamu yang tidak pulang dengan alasan biaya biasanya punya keinginan untuk pulang, tapi karena jarak yang jauh, kamu harus menunda pulangmu sampai semester berikutnya. Pilihan ini cocok untuk kamu yang tetap ingin merasakan suasana rumah. Meskipun bukan keluarga sendiri, kamu bisa merasakan hangatnya ‘keluarga baru’ di rumah teman yang tidak sejauh rumahmu. Mungkin kamu bisa memilih teman yang memang sudah dekat agar tidak canggung saat liburan bersama di rumahnya nanti.

  1. Berkunjung ke Rumah Kerabat

Biasanya, karena alasan rumah yang jauh kamu memutuskan untuk tidak pulang, sehingga alternatif berkunjung ke rumah paman, tante, nenek dengan jarak rumah yang lebih dekat bisa menjadi pilihan. Selain menjalin silaturahmi, ini juga dapat mengobati rindumu dengan keluarga di rumah.

  1. Membantu Penelitian Dosen atau Kakak Tingkat

Biasanya ada beberapa kakak tingkat semester akhir atau dosenmu yang mencari volunteer untuk membantunya dalam penelitian. Pilihan ini juga dapat memberikan kamu kesempatan belajar sebelum menjalani penelitian di semeter-semetermu kedepannya.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan selama liburan semester saat tidak pulang kampung. Kamu bisa memilih salah satu ataupun mencoba beberapa pilihan sekaligus. Selamat mencoba!

(Kadek/Manunggal)