• Home »
  • CITIZEN JOURNALISM »
  • Berdayakan Ibu-Ibu PKK, Tim II KKN Undip 2018 unit Desa Selosabrang Adakan Pelatihan Pembuatan “SEKOP LOBANG”

Berdayakan Ibu-Ibu PKK, Tim II KKN Undip 2018 unit Desa Selosabrang Adakan Pelatihan Pembuatan “SEKOP LOBANG”

(Dok.Istimewa)

Kabupaten Temanggung yang terletak di dataran tinggi terkenal dengan hasil perkebunan berupa biji kopi yang sangat melimpah degan kualitas yang tak diragukan lagi. Perkebunan kopi meluas secara merata, salah satunya yang dapat ditemukan di Desa Selosabrang, Kecamatan Bejen. Namun, melimpahnya hasil biji kopi berkualitas tidak diiringi dengan adanya pengolahannya secara berkelanjutan menjadi sebuah produk yang dapat menambah nilai jual.

Kedatangan Tim II KKN Undip unit Desa Selosabrang, Kecamatan Bejen, Temanggung mengusung program pengolahan kopi menjadi selai kopi yang diberi nama SEKOP LOBANG (Selai Kopi Selosabrang) guna memberikan keterampilan kepada warga Desa Selosabrang dalam pengolahan kopi secara berkelanjutan. Kegiatan program pelatihan pembuatan selai kopi yang dilaksanakan pada Jumat, (10/08) ini diisi dengan demo memasak selai kopi yang diikuti oleh ibu-Iibu anggota PKK Desa Selosabrang. Mahasiswa KKN Undip memperlihatkan bagaimana cara membuat selai kopi mulai dari bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan serta tahap demi tahap hingga menjadi selai kopi yang siap untuk dinikmati. Tidak hanya menampilkan demo memasak, mahasiswa KKN Undip juga menunjukan cara pengemasan selai kopi yang menarik dan higienis agar dapat meningkatkan nilai jual.

Kegiatan pelatihan pembuatan Selai Kopi ini disambuat dengan antusiasme yang sangat baik dari ibu-ibu PPK Desa Selosabrang, seperti keikutsertaan dari Ketua PKK, yaitu Bu Yanto yang juga ikut serta secara langsung dalam pembuatan selai kopi bersama mahasiswa KKN Undip dan adanya sesi mencicipi selai kopi yang sudah jadi.

Diharapkan dengan program kerja berupa pelatihan yang diusung oleh mahasiswa KKN Undip unit Desa Selosabrang ini dapat memberikan dampak positif dan bermanfaat dalam meningkatkan taraf ekonomi warga setempat serta memberdayakan ibu-ibu PKK dalam hal keterampilan pengolahan kopi menjadi suatu produk yang bernilai jual. Sesuai prinsip berkesinambungan yang diusung mahasiswa KKN Undip dalam program ini, produk olahan kopi, yaitu SEKOP LOBANG dapat menjadi buah tangan khas dari Desa Selosabrang yang merupakan hasil dari keterampilan warga setempat.

Rista Luhtfi Rahmadyatri

Mahasiswi Jurusan Sastra Inggris

Fakultas Ilmu Budaya