BEM KM Gelar Scholarship Show 2012

ManunggalCybernews – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Diponegoro (BEM KM Undip) menggelar Seminar Nasional Scholarship Show 2012: How to get study abroad, Sabtu-Minggu (3-4/11). Bertempat di Gedung Soedarto, acara ini dihadiri oleh sekitar 500 peserta. Menurut penuturan Ketua Panitia, Ahmad Maulin Naufa, acara ini digelar dengan tujuan memberi informasi kepada para peserta tentang beasiswa luar negeri dan memberikan motivasi kepada mereka untuk mendapatkannya.

Acara yang merupakan acara tahunan ke-4 dari Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) BEM KM ini digelar selama dua hari. Pada hari pertama, para peserta mendapatkan pemaparan tentang beasiswa luar negeri serta gambaran perkuliahan di luar negeri dari perwakilan International Institute, International Pasific College, Erasmus Mundus, dan Aminef. Selain itu, acara ini juga menghadirkan Taufik Efendi, tuna netra peraih 8 beasiswa luar negeri. Tak sampai disitu, ada juga Expo Beasiswa yang menghadirkan berbagai stand yang dapat dikunjungi oleh para peserta.

Sedangkan pada hari kedua, para peserta mendapatkan materi dari ILP. Setelah itu, diselenggarakanlah simulasi IELTS dan pembahasannya. Lalu, Uni.mac dan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang pun memaparkan materinya, disusul oleh pemaparan dari AB Susanto, koordinator beasiswa unggulan Dikti dan Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi, MES, PhD. Wuri Pangestuti, salah seorang peserta seminar, menuturkan bahwa acara ini cukup informatif. “Sekarang saya jadi tahu sedikit banyak tentang beasiswa luar negeri,” tuturnya. (Nina/Manunggal)