BEM FPP Siapkan Fresh Graduate untuk Bersaing di Kancah Nasional

Peserta Seminar berfoto bersama narasumber dan perwakilan Dekanat Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip (Dok.Pribadi)

Peserta Seminar berfoto bersama narasumber dan perwakilan Dekanat Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip. (Dok.Pribadi)

ManunggalCybernews – Beberapa tahun lagi generasi muda usia produktif di Indonesia akan mendominasi demografi. Untuk itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) menggelar seminar Human Development yang bekerja sama langsung dengan bagian sumber daya manusia perusahan.

Seminar bertema What Would You Do, Fresh Graduate ini, bekerja sama dengan Frisian Flag, Generasi Muda Indonesia (GenMudaID), dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah.

Ketatnya persaingan dunia kerja serta banyaknya spekulasi mengenai kompetensi lulusan Undip dalam berperan di kancah nasional atau bahkan internasional, juga melatarbelakangi acara yang diadakan pada Kamis (15/10) di Aula FPP Undip ini.

Dekan FPP Undip Prof. Arifin dalam pembukaannya mengatakan, potensi besar peluang karier di bidang pertanian dan peternakan Indonesia tidak akan pernah habis, berbeda dengan pertambangan yang tinggal menunggu energi alternatif pengganti.

Terdapat tiga pembicara yang berkompeten dibidangnya antara lain, sekretaris Dinas Peternakan & Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah Suyatno yang memberikan materi mengenai kondisi industri susu ternak yang ada di Provinsi Jawa Tengah serta potensi pengembangannya di masa yang akan datang.

Pembicara kedua, Co-Founder The Coaching Buddy Adam Armansyah yang menyampaikan tentang hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja nantinya. Menurut Adam, salah satu hal tersebut adalah curriculum vitae, yaitu bukan hanya beberapa lembar kertas. Namun, jejak hidup mahasiswa yang ada di dunia maya maupun karya-karya di dunia nyata sebagai awal dunia kerja melihat mereka.

Pembicara ketiga, dari Portofolio Management Manager Frisian Flag Indonesia Indriasari Oktara. Indisari memotivasi calon fresh graduate dan meminta mahasiswa untuk mengembangkan potensi guna mencapai tujuan yang diimpikan, baik dalam bidang pekerjaan yang nanti akan ditekuni maupun usaha yang akan dirintis.

“Jangan malu, berani memutuskan, dan berani mengambil risiko. Namun, tetap terukur dan terarah. Itulah yang harus di pupuk sejak dini,” ujar Indriasari saat mengakhiri sesinya.

Ketua panitia, Anggih Noor Alamsyah mengatakan acara ini ingin memberi gambaran kepada para lulusan FPP untuk menyiapkan diri memasuki dunia kerja.

“Tujuan acara ini ialah memberi gambaran dan arahan kepada para lulusan FPP khususnya, dan Undip umumnya agar tidak bingung ketika sudah jadi lulusan fresh graduate, dapat mempersiapkan diri memasuki karier dunia kerja,” kata Anggih. (Irzal/Manunggal)