Belajar Mengolah Sampah Bersama KOPHI

1475147296237

Muhammad Agus Junaidi, Kepala UPTD TPA Jatibarang memberikan materi dalam KOPHI Class pada Minggu (25/9) di kantor BLH Semarang (Clara/Manunggal)

ManunggalCybernews– Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) regional Jawa Tengah kembali mengelar acara tahunannya yaitu KOPHI Class dengan tema “Bumiku Bebas Sampah”. Berbeda dari tahun lalu, KOPHI Class kali ini mendatangkan tiga delegasi siswa dari 11 SMA dan SMK di Kota Semarang yang diisi dengan mini seminar, gim, dan Focus Group Dscussion (FGD).

Salah satu materi dalam kelas tersebut adalah tentang pengolahan dan sistem pembuangan limbah rumah tangga di Kota Semarang yang disampaikan oleh Muhammad Agus Junaidi, Kepala UPTD TPA Jatibarang. Selain itu terdapat materi mengenai pemanfaatan sampah yang sulit terurai seperti plastik yang menjadi kerajinan tas serta styrofoam yang dapat menjadi bahan baku keramik.

“Targetnya anak SMA dan SMK karena mereka masih bisa dibilang pemuda. Dengan ide-ide mereka kita bisa bantu kembangkan. KOPHI Class bisa menjadi tempat sharing ilmu mereka karena kami juga mengundang delegasi dari SMK 4 Semarang yang saat ini menerapkan Green School dan juga menjadi salah satu titik pantau Adipura Kota Semarang,” papar Andik Setyo Nugroho, Ketua KOPHI Class.

KOPHI Class diselenggarakan di Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah pada Minggu (25/9). Para peserta kegiatan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat di sekolah masing-masing. (Clara/Manunggal)