Batik in Campus, Ajak Mahasiswa Lebih Mencintai Batik

(Dok.Istimewa)

(Dok.Istimewa)

ManunggalCybernews–Batik merupakan salah satu jenis kain yang sudah diakui dunia sebagai warisan budaya asli Indonesia. Berbagai macam produk busana yang menggunakan bahan dasar batik telah banyak diminati masyarakat Indonesia sampai mancanegara. Itu lah yang membuat para mahasiswa dari Teknik Industri Undip ingin membuat mahasiswa lebih mengenal dan mencintai batik dengan mengadakan Batik in Campus yang puncaknya diadakan pada Sabtu, (23/9) di Balai Kota Semarang.

Batik in Campus merupakan acara tahunan yang rutin diadakan setiap tahun sejak 2011. Menurut Sabrina Hutagalung, ketua panitia Batik in Campus 2017, acara tersebut bertujuan untuk lebih menggencarkan penggunaan pakaian batik di kalangan mahasiswa. “Kita ingin ngajak generasi muda supaya lebih mencintai dan melestarikan batik, serta mengubah persepsi kaum muda bahwa batik bukan hal yang kuno,” jelas Sabrina.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang selalu diadakan di kampus Undip Tembalang, tahun ini acara tersebut memilih Balai Kota Semarang sebagai lokasi puncak acara. “Ini baru pertama kita ngadain di luar kampus, kita memilih Balai Kota supaya lebih luas juga. Kalau di Undip kan cuma sebatas mahasiswa saja penontonya, kalau kita ngadain di balai kota masyarakat umum juga bisa tau,” ujar Sabrina.

Rangkaian Batik in Campus dimulai dengan pemilihan putri batik kampus se-Jawa Tengah yang diikuti oleh 50 mahasiswi universitas negeri maupun swasta yang ada di Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan seminar nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang. Selain itu diadakan juga lomba desain motif batik nasional yang ditunjukan untuk masyarakat umum.

Sabrina berharap, dengan adanya Batik in Campus ini, kaum muda lebih mencintai batik dengan memakai batik di kampus. “Karena acara ini sasaranya lebih ke generasi muda seperti namanya Batik in Campus, kita ingin mahasiswa lebih mencintai batik misalnya kita ke kampus memakai batik dan tidak malu lagi untuk memakai batik,” jelas Sabrina. (Anastia/Manunggal)