Bakal Calon Rektor Undip Paparkan Visi Undip Menuju 500 Besar World University Rank

Prof. Yos Johan Utama menyampaikan visi-misi dan program kerja yang akan dicanangkannya sebagai calon tunggal pada acara Pemaparan Program Kerja Bakal Calon Rektor Undip periode 2019-2024, Selasa, (15/1) di Gedung Prof Sebagai. (Alfio/Manunggal)

ManunggalCybernewsBakal calon Rektor Undip menyampaikan Visi “Undip Menuju 500 Besar World University Rank” dalam acara “Paparan Program Kerja Bakal Calon Rektor Universitas Diponegoro Periode 2019-2024” pada Selasa (15/1), di gedung Prof. Soedarto, Undip Tembalang. Acara ini turut dihadiri oleh berbagai elemen seperti tim panelis, Majelis Wali Amanat Unsur Mahasiswa (MWA UM), civitas akademika, mahasiswa umum dan Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah yang juga menjabat sebagai MWA Undip. Acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 wib ini berupa penyampaian visi-misi, program kerja  yang disampaikan oleh Prof. Yos Johan Utama selaku calon tunggal.

Beberapa poin yang disampaikan secara singkat dalam pemaparan meliputi pencapaian Undip hingga saat ini, seperti Undip peringkat ke-3 dalam PIMNAS ke-31. Permasalahan-permasalahan di Undip saat ini, seperti struktur jabatan gemuk yang ingin dirampingkan dengan hanya ada dua wakil dekan. Kemudian program kerja seperti pendidikan, penelitian, penjaminan mutu, dan pengabdian kepada masyarakat.

Selain itu, Prof. Yos juga menyampaian penunjang program kerja seperti pengembangan sumber daya insani, infrastruktur, aset dan investasi, keuangan dan pendanaan, kerjasama, dan informasi. Dalam rangka mmemperkuat pencapaiannya nanti, terdapat juga kebijakan undip menuju World Class university dan peran serta kontribusi Undip bagi masyarakat dan bangsa.

Dalam pemaparan visi misi ini, turut hadir Prof. Muhammad Gunawan selaku undangan dan pembahas hasil penyampaian program kerja bakal calon rektor. Menurut Prof. Gunawan, untuk mencapai peringkat 500 besar World University, maka Undip harus bisa menyalip 200 universitas diatasnya. “Jadi sekarang Undip berada diperingkat 700-an (peringkat Universitas Dunia). Supaya Undip bisa mencapai 500, itu harus menyisihkan 200 yang masih, 200 yang datangnya dari seluruh dunia. Setahu saya untuk QS itu yang dirank, itu kira-kira ada 1200-an,” ujarn Prof Gunawan saat pembahasan hasil pemaparan program bakal calon rektor.

Prof. Gunawan juga menyarankan untuk memperhitungkan konteks secara internasional karena visi yang diusung tidaklah mudah untuk dicapai. “Nah ini saya kira pekerjaan yang tidak mudah dan juga memperhitungkannya harus melihat konteks secara internasional,” lanjutnya.(Alfio/Manunggal)