Asah Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Lewat Inspirative Leadership Forum

Pemaparan materi tentang kepemimpinan oleh Prof. Sudharto dalam acara “Inspirative Leadership Forum”, Minggu (21/5).Pemaparan materi tentang kepemimpinan oleh Prof. Sudharto dalam acara “Inspirative Leadership Forum”, Minggu (21/5). (Anastia/Manunggal)

 

ManunggalCybernews-Melihat perlunya setiap pemuda untuk memiliki sikap kepemimpinan yang berkarakter dan berintegritas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Administrasi Bisnis mengadakan Seminar Inspirative Leadership Forum dengan tema “Membangun Kualitas Pemuda sebagai Pemimpin Penerus Bangsa” pada Minggu (21/5) di Auditorium FISIP Undip.

Seminar yang sekaligus bertepatan dengan konferensi wilayah III Ikatan Mahasiswa Administrasi Bisnis ini, menghadirkan dua pemateri yaitu guru besar Fisip Undip Prof. Sudharto yang juga pernah menjabat sebagai rektor Undip dan Presiden BEM KM Universitas Gadjah Mada, Alfath Bagus Panuntun El Nur Indonesia.

Menurut Prof Sudharto, seorang pemimpin ideal harus memiliki delapan sifat yang diibaratkan sebagai gambaran alam yaitu memberikan perhatian (bumi), memberikan energi dan inspirasi (matahari), sebagai penuntun (bulan), siap menerima kritik (samudera), disegani lawan dan kawan (bintang), tidak membeda-bedakan (angin), konsisten (Api) dan rendah hati (air). Sedangkan Alfath menyampaikan mengenai pentingnya jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa.

Sri Farah Dilla, ketua pelaksana seminar, mengatakan meski banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan kepemimpinan, namun hanya sedikit yang memiliki karakter dan kualitas yang mumpuni. “Mendatangkan pembicara yang mempunyai kredibilitas tinggi dalam hal kepemimpinan merupakan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, supaya mahasiswa lebih tau pemimpin seperti apa yang patut dijadikan acuan atau trend center,” jelas Sri.

“Harapanya nanti setelah seminar ini peserta tidak hanya terfokus pada akademik saja namun juga mulai untuk mengasah jiwa kepemimpinanya dan diharapkan peserta juga lebih mengerti tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang pemimpin yang ideal.” tambah Sri. (Anastia/Manunggal)