Antusiasme Warga Desa Kalipang dalam Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair (POC)

Tim KKN Undip bersama peserta pelatihan pembuatan POC (Dok. Istimewa)

Rembang Sebanyak 23 peserta dari Desa Kalipang mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) dari limbah rumah tangga berupa air bekas cucian beras atau biasa disebut air leri dalam bahasa jawa. Pelatihan pembuatan POC diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro di salah satu rumah warga Dukuh Gondan Rejo, Desa Kalipang, Kamis (25/7) dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB.

Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu anggota pengajian di Desa Kalipang yang berprofesi sebagai rumah tangga. Sementara dari Tim II KKN Universitas Diponegoro dihadiri oleh Aulia Fitriana Ardhyatul Jannah dari program studi Agroekoteknologi, Rizki Nurida Rahmawati dari program studi Kedokteran Gigi, Hana Syamila dari program studi Ekonomi Islam, dan Maydita Putri Cahyani dari program studi Administrasi Bisnis.

Mahasiswi KKN Agroekoteknologi sedang mendemonstrasikan pembuatan POC dari limbah air bekas cucian beras (Dok. Istimewa)

Pelatihan terdiri atas sesi presentasi mengenai pentingnya penggunaan pupuk organik terutama POC dengan memanfaatkan limbah hasil rumah tangga seperti air leri. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi demonstrasi pembuatan POC dari air leri yang kemudian difermentasi selama 6 hari.

Peserta terlihat sangat antusias karena bahan yang digunakan murah dan mudah didapatkan. Bahan yang dibutuhkan berupa air leri, gula pasir dan starter Effective microorganism (EM4) yang dapat diperoleh di toko-toko pertanian. Terlihat pada saat sesi diskusi, para peserta aktif bertanya mengenai pemanfaatan air leri dan manfaat POC untuk tanaman.

Pembuatan dan penerapan POC mudah dilakukan terutama oleh para ibu-ibu rumah tangga menggunakan tanaman-tanaman produktif yang sudah ditanami dengan teknik pemanfaatan kawasan rumah pangan lestari (KRPL). Aplikasi pupuk dapat dilakukan dengan dua cara yaitu aplikasi pada daun dan akar. Pupuk daun diaplikasikan pada seluruh bagian daun dengan melarutkan 10 ml POC yang dicampurkan dengan 1 liter air. Sementara pupuk akar diaplikasikan pada sekitar akar dengan melarutkan 10-20 ml POC yang dicampurkan dengan 5 liter air.

Aulia Fitriana Ardhyatul Jannah

Mahasiswi Agroekoteknologi Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP)