Anindya Bakrie Jadi Pembicara dalam Egrove 2014

Penyerahan kenang-kenangan dari panitia penyelenggara acara Enterpreneur Grew and Move (Egrove) 2014 kepada Anindya Bakrie selaku pembicara di Gradika Bhakti Praja Semarang, Sabtu(12/10). (Ririn/Manunggal)


ManunggalCybernews Anindya Bakrie, Chief Executive Officer (CEO) Bakrie Telecom, menjadi salah satu pembicara dalam Enterpreneur Grew and Move (Egrove) 2014 yang digelar Komunitas Mahasiswa Wirausaha (KMW) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip di Gradika Bhakti Praja Semarang, Sabtu (12/10).

Dalam acara yang dihadiri sekitar 1000 peserta ini, dia mengatakan, merintis sebuah usaha dan menjadi pengusaha sukses merupakan hal yang susah dan tidak gampang. Namun, hal tersebut tidak menakutkan.

“Enggak ada pengusaha yang pesimis, pengusaha itu selalu optimis dalam keadaan segelap apapun,” ujarnya.

Menurut Anindya, pengusaha seperti lari maraton, butuh banyak latihan, melelahkan, dan terkadang juga harus cidera. Dari situlah, dia mengatakan, pengusaha tidak boleh takut gagal, karena semakin banyak kegagalan yang dirasakan, semakin menjadikan pengusaha itu matang.

“Kalau di militer, lebih baik kita berlumuran darah dimedan latihan daripada berlumuran darah dimedan perang,” katanya.

Anindya berpendapat, generasi sekarang merupakan generasi yang beruntung, karena hidup di era teknologi dan informasi dengan segala kelebihannya seperti sekarang ini. Dia yakin, generasi sekarang bisa jauh lebih baik dibandingkan dengan generasinya.

 “Tapi Anda harus berhati-hati, karena di era seperti inilah keuletan pengusaha akan diuji. Generasi sekarang tak seulet generasi zaman kemerdekaan,” ujarnya menambahkan.

Dia berpesan, ada empat poin yang harus diingat seorang pengusaha. Poin-poin tersebut adalah kefokusan, keuletan dan networking, dan berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi. Karena melalui teknologi informasi, menurutnya, pengusaha dapat berkompetisi dengan cara yang murah dan efektif.

“Dan poin terakhir adalah Just do it. Mulailah, ambil langkah pertama. Tidak apa salah-salah, Anda tidak sendirian,” katanya. (Ririn/Manunggal)