Ancaman Malware WannaCry, Jaringan Undip Sudah Aman

(Dok. Istimewa)

(Dok. Istimewa)

ManunggalCybernews–Siaran pers dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tentang malware Wannacry sempat menjadi viral di media sosial. Virus ini menyerang laptop dan komputer korban dengan cara mengacak dan mengunci file yang telah diserang sehingga tidak dapat diakses.

Menanggapi hal tersebut, bagian Teknologi Informasi (TI) Undip telah melakukan penutupan port-port penyebaran virus tersebut untuk menangani bahaya tersebut agar jaringan Undip menjadi aman. “Port-port untuk penyebaran sudah kami tutup, kami yakin sebenarnya tidak ada masalah untuk malware itu,” ujar Joko Saksono, Kasubag Infrastruktur dan Jaringan TIK ketika ditemui di tempatnya pada Senin (15/5).

Terkait dengan ancaman Wannacry, Joko mengatakan pihak Undip tidak perlu melakukan langkah apapun karena dirasa jaringan di Undip sudah cukup aman, mulai dari penggunaan sistem operasi orisinil yang telah diupdate dan telah terpasang antivirus. Sehingga, tambah Joko, masyarakat Undip tidak perlu khawatir. “Itu pengaruh perkembangan media sosial, cepat mengakibatkan kepanikan,” ujar Joko.

Penyebaran malware ini, lanjut Joko, terjadi melalui koneksi internet dan hanya menyerang personal computer (PC) berbasis Windows. “Windows yang paling rentan diserang adalah Windows XP, kalau sudah menggunakan windows 7 ke atas sampai windows 10 dan sudah ada antivirusnya. Update Windows dan update virusnya kami yakin tidak ada masalah, aman,” papar Joko lebih lanjut.

Mengenai pencegahan terhadap virus ini, Joko mengimbau untuk menperbarui Windows atau menggunakan Windows orisinal. Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan Windows, bisa menggunakan open source atau freeware. “Sedangkan untuk laptop atau komputer sudah terkena virus ini, bisa mencari tool untuk recovery disk atau mencari spesialis recovery,” jelas Joko. (Dana, Jazaak/Manunggal)