Aksi Tanam 2000 Bibit Mangrove di Tepi Pantai Blitung Sebagai Realisasi Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Undip

(Dok.Istimewa)

Mahasiswa Tim II KKN Undip Tahun 2018 yang berlokasi di Desa Kalipang, Kec. Sarang, Kab. Rembang melakukan aksi menanam 2.000 bibit mangrove bersama dengan pemuda dan masyarakat Desa Kalipang. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian program multidisiplin dari Tim KKN Undip Desa Kalipang. Penanaman bibit mangrove yang dilaksanakan pada Minggu, (19/08) ini mengusung tema “Penghijauan Sempadan Desa Kalipang untuk Mendukung Potensi Wisata”.

Sebelum dilakukannya kegiatan ini, Tim KKN Undip Desa Kalipang telah melakukan sosialisasi penanaman mangrove yang dihadiri oleh dua dosen Undip dan dipresentasikan langsung oleh Bapak Djafron Wasiq Hidayat yang merupakan salah satu dosen pembimbing lapangan KKN Undip Kecamatan Sarang. Mahasiswa Tim KKN Undip dalam kegiatan ini, mengajak sekitar 80 masyarakat dari berbagai elemen dan komunitas yang berkumpul di Dusun Blitung untuk turut menanam pohon yang merupakan penjaga ekosistem pantai tersebut.

Kegiatan dibuka pada pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari Kepala Desa Kalipang dan ketua acara kegiatan. Menurut penuturan ketua acara, banyak sekali manfaat yang bisa kita raih degan menanam pohon mangrove antara lain mempercantik keindahan pantai, mencegah erosi dan abrasi pantai, berfungsi sebagai penyaring alami, serta merupakan tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa. Di akhir acara, Tim KKN Undip berkoordinasi dengan pemuda membentuk suatu komunitas untuk merawat dan menjaga pohon mangrove di pantai Blitung. Acara ditutup dengan sesi foto bersama. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan khususnya di Pantai Blitung yang nantinya dapat menjadi prospek potensi wisata bagi masyarakat Desa Kalipang dan sekitarnya.

Program penanaman mangrove di bantaran Pantai Blitung yang digagas oleh tim KKN Undip Desa Kalipang merupakan salah satu program utama dari serangkaian program kerja lainnya yang diselenggarakan dalam jangka waktu 42 hari pengabdian. Sebelum melakukan penanaman mangrove, Tim KKN Undip Desa Kalipang telah melakukan beberapa agenda kegiatan diantaranya adalah sosialisasi penanaman mangrove, pelatihan pembuatan nugget ikan, pelatihan pembuatan silase pakan ternak dan pupuk kandang, sosialisasi deteksi boraks dalam makanan dan merkuri berlebih dalam kosmetik, gerakan ayo minum susu, sosialisasi pembuatan Curriculum Vitae (CV) kerja yang baik dan benar, sosialisasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dalam industri, pembuatan website explore the beauty of Kalipang, pengenalan budidaya tanaman secara vertikultur, sosialisasi dan penempelan poster kebersihan pantai, serta pelatihan komputer dan pengenalan perangkat komputer bagi anak-anak di Desa Kalipang.

Dewi Rohmawati

Mahasiswa KKN Undip Tim II 2018

Jurusan Agroecotechnology, Fakultas Peternakan dan Pertanian