AJI Semarang Adakan Seminar

ManunggalCybernews – Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Semarang menggelar Seminar Partisipasi Publik Mendorong Independensi Media Massa Lokal di Hotel Pandaranan, Senin (20/1). Lima pembicara hadir dalam acara ini, yakni Nezar Patria, Arif Zulkifli, Triyono Lukmantoro, Rofiudin, dan Triyanto Lukmantoro.

Masing-masing pembicara menyajikan materi mengenai independensi newsroom (ruang pemberitaan) media massa dan hasil penelitian terhadap koran lokal di Semarang, yaitu Suara Merdeka, Wawasan, Jawa Pos Radar Semarang, Koran Sindo edisi Jateng, dan Tribun Jateng.

Menurut penuturan Pratono, perwakilan AJI Semarang, sebelum acara ini digelar, AJI Semarang membuat penelitian mengenai independensi media massa terhadap koran lokal tersebut. Selain itu, sebelumnya AJI Semarang juga telah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) sebanyak dua kali.  Acara ini merupakan rangkuman dari FGD tersebut. “FGD yang pertama digelar dengan wartawan, sedangkan yang kedua dengan masyarakat,” ujarnya menerangkan. (Nina/Manunggal)