Surat Edaran Munculkan Kebijakan Baru bagi Mahasiswa FSM

Sherline/Manunggal

ManunggalCybernews—Dekan Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Undip mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 308/UN.7.5.8/SE/2018 yang berisi mengenai kebijakan-kebijakan terhadap mahasiswa terutama kepada mahasiswa baru. Surat ini dikeluarkan dan mulai diberlakukan sejak tanggal 16 Januari 2018.

Kebijakan ini dibuat berdasarkan hasil musyawarah bersama antara pimpinan fakultas dengan seluruh pimpinan departemen, dan pendamping kemahasiswaan, serta berdasarkan Rapat Kerja Akhir Tahun (Rakerta) Undip. Dengan adanya surat edaran tersebut, Bayu Surarso, Wakil Dekan I FSM Undip, mengharapkan kegiatan-kegiatan mahasiswa di FSM 60% bersifat kompetisi, promotif, dan melibatkan pihak luar. “Dengan begitu akan ada eksistensi dari FSM sendiri yang akan berdampak pada akreditasi,” ujarnya saat ditemui oleh tim Cybernews Manunggal di ruangannya.

Pada SE nomor 1 poin a tertulis, mahasiswa semester 1 – 2 hanya diizinkan mengikuti kegiatan program departemen. Hal serupa juga dikatakan oleh Bayu, bahwa mahasiswa semester 1 – 2 tidak diizinkan untuk mengikuti himpunan. “Mahasiswa semester 1 – 2 diperbolehkan ikut jika akademiknya sudah stabil,” ujarnya.

Menurut Ayub, Ketua HMJ Kimia periode 2018, mengakui adanya dampak besar bagi himpunan terutama keberjalanan program kerja di HMJ. “Jadi, mahasiswa semester dua sementara tidak diperbolehkan menjadi pengurus himpunan, sehingga terjadi kepincangan di kepengurusan himpunan,” jelasnya. Terlebih juga, lanjut Ayub, mahasiswa semester dua ini sudah saatnya menerapkan ilmu yang telah mereka dapat di semester satu. “Seharusnya mereka saat ini menerapkan ilmu yang didapat ketika masa pengenalan kampus,” tuturnya.

Bertolak belakang dengan kebijakan yang diterapkan untuk HMJ, BEM FSM Undip dperbolehkan untuk melakukan perekrutan mahasiswa semester dua sebagai pengurus. “Mungkin pimpinan fakultas atau universitas menakutkan adanya oknum di himpunan yang ingin melakukan perpeloncoan,” jelas Feradhyka Rumex, Kepala Bidang PSDM BEM FSM periode 2018.

Adanya SE yang berlaku di FSM tersebut, Ayub berharap, agar ormawa dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik. “Saya berharap ormawa di FSM bisa lebih baik dengan adanya surat edaran ini. Semisal nantinya surat ini kurang sesuai dan kurang bisa dijalankan saya harap mahasiswa FSM sendiri bisa menghimpun aspirasi untuk mengusulkan peraturan yang dapat ditaati.” ungkapnya. (Sherlin/Manunggal)

[Ralat]

Pada paragraf ke-lima, disebutkan bahwa BEM FSM mendapat kemudahan untuk perekrutan mahasiswa. Hal ini dilakukan ralat dari kalimat : BEM FSM Undip justru mendapat kemudahan dengan perekrutan mahasiswa semester dua sebagai pengurus, yang selanjutnya diralat menjadi : BEM FSM Undip dperbolehkan untuk melakukan perekrutan mahasiswa semester dua sebagai pengurus. 

Kami mohon maaf atas kekurangan informasi dan ketidaknyamanan yang ditimbulkan. Terimakasih.